Monday 5 September 2016

Cara Membuat Desain Kalender Beserta Daftar Libur (Indonesia) dengan CorelDraw [2019]

     

    Kali ini BTGrafis akan membuat sebuah tutorial membuat desain Kalender beserta daftar tanggal liburnya. Oke cekidot langsung scroll down!


 1. Pertama buka aplikasi CorelDraw Suite X7


2. Lalu Pilih New Document  Create a New Document, dengan nama Kalender 2016. Disini saya akan membuat kalender dengan ukuran 22 cm × 28 cm. Dan lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.


  3. Langkah pertama dalam pembuatan kalender dinding, saya terlebih dahulu akan membuat background kalendernya kemudian baru memasukan tanggal-tanggal sama bulan.
   4. Dalam pembuatan background, pertama double klik pada rectangle tool, guna menghasilkan kotak yang sesuai dengan ukuran document. Lebih jelas lihat gambar dibawah ini.



5. Setelah  itu salin kotak tersebut menjadi dua atau dengan cara CTRL+C dan CTRL+V, dan seret salah satu kotak ke bagian tengah. 


6. Disini saya akan membuat air laut dan kapal sebagai backgroundnya. Selanjutnya klik ellipse tool, dan buat beberapa lingkaran di tengah garis atas kotak yang kecil.


7. Selanjutnya seleksi semua lingkaran dengan cara klik satu per satu ellipse dengan sambil menekan tombol SHIFT, setelah ellipse selesai diseleksi lalu klik pada kotak dengan catatan tombol SHIFT masih ditekan, kemudian pilih tool weld yang berada di atas.


8.      Kemudian beri warna #6C9EB9 pada kotak yang besar dan beri warna #E5F0EA pada shape yang sudah digabungkan tadi.



9. Selanjutnya salin shape menjadi tiga bagian dan sesuaikan ukurannya dengan shape yang pertama. 


10. Agar tampilan shape terlihat bagus maka harus mengubah semua outlinenya menjadi none.



11. Lalu import hiasan seperti vektor kapal yang sudah dibuat sebelumnya agar lebih menarik atau dengan key shortcut CTRL+I.  

12. Disini dalam pembuatan vektor kapal hanya menggunakan basic shaperectangle dan ellipse. Dan lihatlah gambar berikut.


13.         Agar vektor kapal nampak berada di belakang shape/air, maka klik kanan pada shape nomor 1 pilih order  forward one, selanjutnya lakukan hal yang sama pada shape nomor 2 atau dengan key shortcut CTRL+PgUp.


14.  Jadilah background untuk kalender yang akan dibuat. Kemudian tinggal masukan sistem pertanggalannya.
15.  Klik Tools (Tools ini terdapat di title bar atau bagian atas)  Macros  Macro Manager atau dengan key shortcut ALT+SHIFT+F11.



16. Selanjutnya pada macro manager yang berada disebelah kanan, klik tanda (+) pada Calender Wizard dan (+) pada Wizard, lalu double klik CreateCalendar.


17.   Lalu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah.



18. Pada tampilan diatas masih menggunakan Bahasa Inggris, disini saya akan menggantinya dengan Bahasa Indonesia yaitu dengan cara pilih new.


19. Kemudian isi dengan nama Indonesia, dan ketikan secara manual masing-masing nama bulan dan hari dengan Bahasa Indonesia. Setelah semuanya telah terisi selanjutnya langsung klik Add/Modify dan Close.


20.Selanjutnya ubah tahun kalender menjadi tahun 2016 karena disini akan membuat kalender 2016, setelah itu pilih all untuk menampilkan semua bulan, kemudian pilih language/bahasa yang telah dibuat tadi yaitu Indonesia.


21.Selanjutnya pada kolom Layout klik tombol panah yang berada di sebelah kanan lalu pilih Year : 12 small [3x4] , karena untuk menampilkan semua layout nama bulan.


22.Kemudian untuk pengisian hari libur/holiday kita harus lihat terlebih dahulu ke situs resmi kalender Indonesia yaitu http://www.kalender-indonesia.com/. Disana terdapat berbagai macam kalender ditambah dengan daftar liburnya, ada kalender Masehi, kalender Hijriyah sampai kalender Jawa pun ada.


23.Setelah itu cari dan pilih tahun 2016 dan klik panah yang berada di sebelah tulisan 2016 lalu pilih Daftar Libur. Pada daftar libur terdapat libur nasional, cuti bersama dan akhir pekan panjang.


24 .Setelah itu salin semua daftar libur yang ada disana ke daftar libur yang akan dibuat di CorelDRAW


25 .Setelah semuanya diketikkan atau disalin maka langkah selanjutnya yaitu klik closeDan lihatlah hasilnya.


26 .Lanjut langkah berikutnya adalah pada page layoutaturlah margins yang berada di sebelah kanan dengan ketentuan Left = 11 mm, Top = 9 mm, Right = 10 mm dan Bottom = 10 mm.


27 .Kemudian bergeser ke Small: Header, lalu pada title ubahlah font dan ukurannya menjadi 18 ptComic Sans MS. Ubahlah warna back menjadi #E5F0EA. Selanjutnya dipilihan border berilah centang (√) hanya pada Above.


28 .Setelah itu pada Header, aturlah font : 14 ptComic SansMS,border:hanya above yang di centang (√), position : Top/Left, dan Style : One Letter.


29 .Kemudian pada HeaderHighlights yang dirubah hanya fontnya saja menjadi 14 pt, Comic Sans MS.
30. Selanjutnya pada menu Small: Body, font diubah semua menjadi 14pt, Comic Sans MS, Border dan Divider jangan diberi centang (√), text Aligment: Right, dan Ubahlah warna Back menjadi #6C9EB9.


31. Kemduian setelah semuanya telah diatur, maka langsung klik Generate. Jika sudah muncul pada document maka klik Close.

32 .Setelah klik generate maka pertanggalan yang tadi sudah dibuat memiliki ukuran yang besar, maka dari itu harus merubah dan menyesuaikan backgroundnya. Sebelum itu terlebih dahulu harus menyeleksi satu per satu kolom bulan dan di grup dengan cara CTRL+G. Lihatlah gambar dibawah yang sudah diatur.

33 .Langahkah berikutnya tinggal memberi tulisan Kalender 2016. Pilih Text Tool atau yang berlogo A untuk membuat teksnya. Tulisan Kalender menggunakan font Cooper Std Black dengan ukuran 36 pt dan warna Cyan, sedangkan tulisan 2016 sama menggunakan font Cooper Std Black dengan ukuran 54 pt dan diberi warna merah.


34 .Agar kalender ingin terlihat lebih menarik maka tambahkan hiasan sedikit lagi yaitu dengan memasukan awan-awan kecil yang dibuat menggunakan ellipse dan digabungkan/weld.


35 .Hapuslah outline awan tersebut, dan diberi warna putih. Lalu sesuaikan ukurannya dan salinlah menjadi 4 bagian. Maka seperti inilah hasil akhirnya.

3 komentar

terimakasih, sangat membantu.. semoga menjadi amal jariyah anda, aamiin..


EmoticonEmoticon